Contoh soal TPA USM STAN 2013 dan cara mengerjakannya part 1

Halo sobat semua, berhubung banyak yg tanya apa aja sih tipe2 soal di  USM STAN, kami coba membantu menjawabnya. Jenis soal yg diujikan di USM STAN itu cuma dua lho. Yaps, 2 saja, gak usah banyak2. Segitu saja sudah mabok pastinya. Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bahasa Inggris (TBI) itulah jenis soal yg diujikan.

Terus gimana kak itu tipe soalnya? ada contohnya gak? kasih contoh sama cara ngerjainnya dong…

Oke, kali ini admin akan berbagi gimana sih cara ngerjain soal USM STAN biar lebih efektif dan efisien. yuk mari…

soal soal sbmptn tes potensi akademik tpa Contoh soal TPA USM STAN 2013 dan cara mengerjakannya part 1

 

CONTOH SOAL TPA USM STAN DAN CARA MENGERJAKANNYA PART 1

 

1. Kosakata, Sinonim, Antonim, dan Hubungan Kata (Analogi)

untuk tipe soal yg ini memang susah2 gampang. Kalau belum tahu sama sekali, kita tentu tidak bisa menjawab, namun apabila sudah tahu hanya butuh satu detik untuk menjawabnya. Kunci agar kita tidak tertinggal pada tipe soal ini adalah banyak2 baca artikel, ngerjain soal sebanyak2nya yg ada jawabannya atau mungkin baca kamus besar bahasa indonesia jika tidak mabok. Tapi jangan dimakan juga yah, hehe…

Berikut contoh soal dan cara mengerjakannya…

A. Kosakata

Jenis soal ini biasanya tuh kata2 serapan dari bahasa asing yg sering dipakai dalam tulisan, artikel, berita, jurnal, dll. Soal tipe ini tuh intinya kita disuruh mencari arti dari kata tersebut. Nih liat contoh dibawah…

Sooal 1. Aristokrasi

  1. a. Kelemahan
  1. b. Model kekuasaan
  1. c. Golongan
  1. d. Pemerintahan

jawab: (B), model kekuasaan

lho ko bisa ka? ya bisa dong, nih kuncinya itu ada di kata krasi. Pasti inget dong pas belajar sejarah, PKN, sosiologi dan pelajaran IPS yg sejenis. Tahu demokrasi kan?  ”Krasi” itu dari bahasa yunani yg artinya “untuk memimpin”, jadi yg kira2 maknanya sama mana?

 

Soal 2.  Akreditasi

  1. a. Pengakuan
  1. b. Layanan perbankan
  1. c. Tingkat perguruan tinggi
  1. d. Tidak dapat dicicil

jawab: (A), pengakuan

Kalo kata ini mah sudah sering didengarkan? yaps, biasanya ada di sekolah2 tuh. Misal sekolah x terakreditasi A, sekolah y B, dsb. Kalo dipikir yang paling pantes mana hayo? Bener banget yakni pengakuan.. icon biggrin Contoh soal TPA USM STAN 2013 dan cara mengerjakannya part 1

 

Soal 3. Embargo

a. Pembatasan perdagangan                       c. Perjanjian perdagangan

b. Pelarangan perdagangan                          d. Kerjasama perdagangan

jawab: (B), Pelarangan perdagangan.

Embargo itu kebijakan untuk melarang kegiatan perniagaan oleh sutau negara.  Di pelajaran IPS ada tuh, pasti sudah tahu alasannya. Sip dah…

 

B. Sinonim

Kalo jenis soal ini, yakni sinonim merupakan jenis soal yang meminta kita untuk mencari padanan kata. Cakupannya pun luas. Inget yah klo sinonim biasanya jawabannya juga cuma satu kata yg maknanya sama atau mirip.

Soal 1. BUDI

a. Akal                 b. Baik                   c. Daya                   d. Hemat

jawab: (A), Akal.

Menurut KBBI “budi” adalah suatu alat batin, paduan akal dan perasaan untuk menimbang baik dan buruk. So, yg paling tepat apa adek2??? Betul banget,, icon wink Contoh soal TPA USM STAN 2013 dan cara mengerjakannya part 1

 

Soal 2. BERDIKARI

a. Mandiri             b. Bersahaja                c. Bergantung                d. Maju bersama

Jawab: (A), Mandiri. Seperti kata bung Karno kita harus berdikari, berdiri di atas kaki sendiri. hehe… icon biggrin Contoh soal TPA USM STAN 2013 dan cara mengerjakannya part 1

Soal 3.  Imun

a. Minuman         b. Sayur                        c. Kebal                         d. Program

Jawab: (C), Kebal.

Nih klo anak2 kecil kan harus di imunisasi biar gak gampang sakit. Berarti imun itu berhubungan dengan kekebalan kan? So yg bener mana nih? Hebat… :3

 

C. Antonim

Tipe soal antonim merupakan tipe soal yg memeritahkan untuk mencari lawan kata dari kata tersebut. Jadi intinya tuh makna kata yang berlawanan. Seperti kanan vs kiri, baik vs buruk, panas vs dingin, dsb. Tapi jangan coba2 menjawab seperti ini yh, misal wangi vs tidak wangi, basah vs tidak basah, dsb. Hadeh… anak kecil juga tahu, hehe…

Soal 1. ELASTIS

a. Kaku                b. Lentur                       c. Plastis                          d. Fleksibel

Jawab: (A), Kaku.

Elastis itu lentur, fleksibel, mudah diregangkan. Seperti karet itu kan elastis, jadi lawan katanya apa?

 

Soal 2. OTOMATIS

a. Manual                b. Langsung               c. Perlahan                    d. Tradisional

Jawab: (A), manual.

Otomatis dong kita bisa jawab, hehe.. Otomatis itu secara langsung, tidak butuh proses yang bertele-tele. Jadi lawan katanya adalah manual.. icon smile Contoh soal TPA USM STAN 2013 dan cara mengerjakannya part 1

 

Soal 3. Canggih

a. kuno                 b.sederhana                  c. diam                            d. terlambat

Jawab: (B), sederhana.

Canggih itu dalam KBBI itu rumit, kompleks, jadi lawan katanya sederhana. Knpa gak kuno kak? klo kuno itu lebih cocok ke modern, jaman modern vs jaman kuno lebih cocok daripada jaman modern vs jaman sederhana. Iya kan? B)

 

D. Hubungan Kata (Analogi)

Wah kalo soal ini agak susah memang. Kita harus pinter2 membuat sebuah logika hubungan dari kata tersebut. Contohnya yah misal sepeda : pedal sama dengan rumah : pintu atau buku : pulpen? Ya lebih tepatnya rumah ; pintu lah. Kuncinya tuh kita buat kalimat penghubung. Kaya di atas, pedal adalah bagian dari sepeda. Jadi klo diterapkan ke pintu adalah bagian dari rumah dibandingkan dengan pulpen adalah bagian dari buku, mana yang lebih logis?

Selain menggunakan kalimat bantu perhatikan juga tata letak kata tersebut klo pilihan di atas dirubah jadi pintu : rumah dengan celana : saku, yang bener mana? ya yg celana : saku dong…

Soal 1. KULIT : KERINGAT

a. Ginjal : urin              b. Mata : air mata                c. Kepala : rambut                 d. Tangan : gelang

Jawab: (A), Ginjal : urin.

Misal kalimat penghubungnya adalah hasil ekskresi kulit adalah keringat. Terus kita terapin ke pilihan jawaban mana yg lebih tepat? Yaps, yg bener hasil ekskresi ginjal adalah urin.

 

Soal 2. Kijang : cepat

a. Bunga : merah               b. Siput : lambat                 c. Anjing : lari                    d. Serigala : kecil

Jawab: (B), Siput : lambat.

Kalimat bantunya kijang larinya cepat, siput larinya lambat. Oke? B)

 

Soal 3. Ulat : kepompong : kupu-kupu

a. Bayi : kanak-kanak : remaja                                               c. Kecil : sedang : besar

b. Pelukis : kuas : cat                                                                       d. Penari : topi : selendang

Jawab: (A), Bayi : kanak-kanak : remaja.

Klo ini mah hubungannya proses menuju dewasa kn. Pasti sudah tahu lah yh,, sip dah.. icon biggrin Contoh soal TPA USM STAN 2013 dan cara mengerjakannya part 1

 

Ini link KBBI buat referensi aja http://bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/index.php

Intinya klo jenis soal seperti ini banyak2 latihan saja, baca2 artikel, koran, dan jangan lupa KBBI.

Tunggu di part berikutnya untuk jenis soal yang lain…

Incoming search terms:

  • contoh soal stan
  • soal usm stan
  • soal stan
  • contoh soal masuk STAN
  • contoh soal tpa stan
  • soal tpa stan
  • contoh soal stan 2013
  • contoh soal try out stan
  • contoh soal tpa usm stan
  • contoh soal masuk stan 2013

Usm stan 2013

Semalam admin kaget karena Koordinator Pelaksana Proksima 2013 terburu-buru untuk mengumpulkan kami para manajemen Proksima. Ternyata Pak korlak ingin mengatakan sebuah berita kepada kami. Berita apakah itu sehingga korlak Proksima 2013 ingin segera menyampaikannya? Admin sangat penasaran dan deg-degan, setelah sekian lama dirundung rasa ketidakpastian, akhirnya berita gembira itu pun datang. Berita yang kita semua ingin dengar. Ya, berita tentang waktu pelaksanaan Ujian Saringan Masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Tahun lalu USM STAN tidak diselenggarakan karena adanya kebijakan efisiensi pegawai oleh Kementrian Keuangan. Zero growth employement merupakan target Kemenkeu dalam perekrutan sumber daya manusianya. Namun hal tersebut belum dapat dilaksanakan karena masih kurangnya personil untuk mencukupi potensi penerimaan pajak dan penerimaan lainnya. Pensiun dini dan moratorium pengadaan PNS merupakan kebijakan yang sudah dilaksanakan oleh Kemenkeu sejak tahun 2011 sampai oktober 2012 lalu. Ternyata dengan adanya kebijakan tersebut SDM Kemenkeu malah kekurangan. Oleh karena itu beberapa tahun ke depan akan ada perekrutan pegawai yang jumlahnya lebih banyak. Salah satunya melalui Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, yakni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, yang akan menerima mahasiswa baru lebih banyak dari USM-USM sebelumnya.

Kembali ke topik tentang berita gembira di atas. Bahwa Ujian Saringan Masuk STAN tahun 2013 dijadwalkan berlangsung tanggal 21 Juli 2013. Kami juga kaget ketika mendengar hal tersebut namun karena berita tersebut keluar dari ucapan orang yang terpercaya dan sudah senior di kalangan kampus STAN tentu kami sangat optimis akan kebenarannya. “Apabila tidak ada halangan USM STAN akan berlangsung tanggal 21 Juli 2013”, begitulah ucapan beliau. Dengan estimasi USM STAN tanggal 21 Juli, maka diprediksi pengumuman pendaftaran paling lambat sebulan sebelum USM yakni sekitar tanggal 21 Juni. Namun berdasarkan pengalaman USM-USM sebelumnya kemungkinan pengumuman berkisar dua bulan sebelum USM berlangsung, Mei – Juni. Salah satu bukti adanya USM STAN 2013 dapat dilihat dari proses lelang pengadaan soal USM STAN 2013. Untuk lebih lengkapnya silahkan klik link berikut. https://www.lpse.depkeu.go.id/eproc/lelang/view/8922011

Lalu bagaimana persiapan siswa-siswi yang  berminat masuk STAN? Walaupun pengumuman UN belum keluar namun persiapan untuk menghadapi ujian-ujan masuk PTN atau pun PTK harus dipersiapkan sejak dini. Untuk siswa-siswi yang mempunyai kelebihan kecerdasan mungkin tak masalah. Akan tetapi ada sebagian dari kita yang harus mempersiapkan dari awal untuk maju perang.

Untuk menghadapi USM STAN tahun 2013 ini tentu butuh persiapan dari sekarang. Tentu kita semua tidak mau ketika Pengumuman USM STAN 2013 keluar kita belum siap. Ya, persiapkan dari sekarang segala sesuatunya agar kita siap menghadapi ujian masuk ke kampus impian, kampus Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

Proksima 2013 hadir untuk membantu mempersiapkan siswa-siswi yang berminat masuk ke kampus Ali Wardhana agar dapat menembus USM STAN. Yuk segera daftar ke Proksima 2013. Jangan sampai menyesal di kemudian hari saat USM STAN sudah dekat kita belum siap. Persiapkan diri sejak awal.

Kita berharap USM STAN 2013 benar-benar dilaksanakan sesuai jadwal yang direncanakan. Namun segalanya kita serahkan kepada yang lebih berhak, Allah swt Yang Maha Merencanakan. Kami dari Proksima juga tidak bisa memastikan secara pasti. Apabila tidak ada perubahan rencana, Insya Allah USM STAN 2013 akan berlangsung sesuai jadwal dan yang kita harapkan. Aamiin.

We are waiting for you at Proksima 2013.

Incoming search terms:

  • bimbel usm stan 2013
  • usm stan 2013
  • berapa jam tes stan 2014 berlangsung?
  • bimbel stan murah di semarang
  • mengapa peserta tes stsn hanya dibatasi 3000 peserta
  • tes stan 21 juli 2013
  • waktu usm stan 2014 berlangsung

Proksima 2013

PROKSIMA (Program Khusus Persiapan USM STAN)

PROKSIMA merupakan program bimbingan belajar yang diadakan oleh Bina Muslim Cendikia (BMC) untuk membantu para lulusan SMA yang ingin mengikuti Ujian Saringan Masuk STAN (USM STAN). PROKSIMA merupakan pelopor bimbel USM STAN. PROKSIMA bertujuan untuk mempersiapkan para siswa agar lebih siap menghadapi USM STAN.

Setelah sukses dengan PROKSIMA tahun-tahun sebelumnya, PROKSIMA 2013 kembali hadir untuk membantu para peserta meningkatkan peluang diterima di kampus Ali Wardhana. Tahun ini manajemen dan pengajar PROKSIMA lebih fokus kepada pemahaman peserta akan materi yang diterima. Mengutamakan peserta sebagai pelanggan yang harus dilayani secara optimal. Program yang ada di PROKSIMA ada dua yaitu Proksima Reguler dan Proksima Intnesive.

Proksima kelas reguler merupakan program unggulan sejak berdirinya Proksima yang setia menemani murid didik dalam mempersiapkan diri dan mental untuk menempuh USM STAN.

Sedangkan Proksima kelas intensive pertama hadir tahun 2011, program ini merupakan program unggulan terbaru dari PROKSIMA karena peserta didik dijamin kelulusannya dalam USM STAN. Tentu ada persyaratan khusus untuk masuk di kelas intensive, hanya murid-murid yang potensial yang dapat mendaftar di kelas intensive. Biasanya akan diadakan tes kemampuan dasar apakah si calon peserta layak untuk masuk di kelasa intensive atau tidak.

Untuk lebih lengkapnya silahkan datang ke kantor BMC yang terletak di komplek Masjid Baitul Maal STAN.

Alamat: Jl. Ceger Raya, Jurangmangu Timur, Pondok Aren, Tangerang Selatan. 15222

Telp: 021-73882301 atau 085718086563

Incoming search terms:

  • les khusus stan
  • bimbel stan murah
  • alamat proksima
  • Bimbel stan termurah
  • les stan
  • lokasi bimbel stan di tangsel
  • alamat lengkap bimbel proksima STAN
  • Lokasi proksima bimbel USM STAN
  • nomer telepon bimbel stan proksima
  • persiapan bimbingan belajar STAN